Berita fakta atau hoax Indonesia

Monday, January 25, 2016
Subscribe

Era MEA Dimulai, Sejumlah Pasar di Surabaya Diserbu Kuli Panggul Asing


Kota Surabaya rupanya sudah merasakan dampak dari diberlakukannya Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pasalnya, baru-baru ini banyak warga Surabaya yang melihat beberapa kuli panggul dari warga negara asing di beberapa pasar di Surabaya. Pemkot Surabaya sendiri mengakui jika pihaknya banyak menerima laporan dari warga dan akan menyiapkan peninjauan langsung ke lokasi untuk memastikan legalitas para pekerja asing tersebut.

Hal ini memang patut untuk dicurigai bahwa berdasarkan laporan tersebut, banyak beredar kuli panggul warga negara asing (WNA) yang diduga bekerja secara ilegal alias tanpa izin yang mencari nafkah di pasar-pasar tersebut.

“Kami saat ini sedang gencar melakukan penyisiran untuk menemukan pegawai kasar asing yang bekerja sebagai kuli panggul di Pasar Atom. Laporan itu kami dapatkan awal Januari ini, namun hingga kini, kami masih belum menemukan (pekerja asing, Red),” ungkap Kasubdit Kewaspadaan Nasional Bakesbangpol Linmas, Marzuki, kepada Radar Surabaya (JPNN Group), Jumat (22/1), seperti dikutip dari jpnn.com.


Diketahui bahwa para pekerja asing yang berprofesi sebagai kuli panggul di sejumlah pasar di Surabaya itu kebanyakan berasal dari Myanmar.